Monday, April 10, 2017

Beberapa Cara Melatih Kecerdasan Anak , Melatih Skill Motorik, Skill Kognitif

Berikut diantaranya :

1. Main bola.
Posisikan si kecil berjarak 1-2 meter di depan ayah bunda, gelindingkan bola perlahan kearah si kecil dan biarkan dia berusaha menangkapnya. Cara sederhana ini dapat mengembangkan koordinasi otak-mata-tangan dan skil berhitung si kecil.
2. Menyusun menara balok. 
Gunakan mainan balok kayu untuk membuat menara, aktifitas sederhana ini dapat melatih kemampuan meraih dan memegang serta melatih kemampuan kognitif mereka.
3. Main pukul-pukulan. 
Si kecil biasanya sangat senang memukul-mukul sesuatu, berikan mainan palu dari kayu atau sendok plastik dan mangkuk plastik atau kaleng untuk dipukul-pukul si kecil. Aktivitas ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan koorninasi antara mata dan tangan mereka.
4. Mencocokan bentuk dan warna. 
Memberikan si kecil mainan edukatif berupa kotak  dengan berbagai bentuk berlubang dan warna dapat mengajarkan si kecil konsep mencocokan bentuk dan warna.
5. Bermain puzzle. 
Puzzle sederhana yang biasanya terbuat dari porongan kayu, bagus untuk melatih si kecil dalam mengenal berbagai bentuk dan warna, serta melatih kemampuan kognitif mereka.
6. Memainkan gelembung. 
Saat si kecil mandi, libatkan ia untuk bermain gelembung dari sabun mandi. Meniup gelembung tidak hanya menyenangkan tapi juga melatih koordinasi tangan, mata, serta mulut mereka.
7. Memberikan si kecil buku yang penuh gambar dan warna sesuai dengan usia perkembangannya, dapat melatih kemampuan mereka dalam mengenal berbagai jenis benda termasuk jenis-jenis hewan dan tumbuhan.Interaksi antara si kecil dengan bunda dapat melatih skil sosial mereka.
8. Menggunakan gunting plastik.
Di pasaran sudah banyak gunting yang semua bagianya terbuat dari plastik, dengan pengawasan ayah bunda, biarkan si kecil memotong kertas. Menggunakan gunting dapat melatih koordinasi dan ketepatan gerak tangan mereka.
9. Memakai dan melepas baju.
Saat dinilai mampu, berikan kesempatan pada si buah hati untuk mengenakan atau melepas bagian pakaianya. Aktivitas memakai dan membuka baju atau celana dapat melatih kemampuan perencanaan dan gerak mereka.

10. Berlatih memainkan alat musik
Peneliti dari Perancis menyatakan bahwa pelatihan musik selama 6 bulan saja dapat mempengaruhi kemampuan kognitif anak.

Kemampuan membaca anak meningkat dan anak menjadi mudah menangkap arah pembicaraan orang lain. Pelatihan musik juga mendorong pengembangan saraf yang tercermin dalam pola tertentu dari gelombang otak.

Demikian Beberapa Cara Melatih Anak Dalam Meningkatkan Kecerdasan nya.
Semoga Bermanfaat.. Terima kasih

No comments:

Post a Comment