Monday, April 10, 2017

Tips Mengembangkan Jiwa Sosial Anak , Cara Mengembangkan Jiwa Sosial Anak Balita , Rasa Sosial Anak

Tips Mengembangkan Jiwa Sosial Anak


1. Dorong rasa cinta pada orang lain dengan cara minta dia mencium atau memeluk ayah ibu setiap ketemu. Ibu dapat mengenalkan konsep sayang dan cinta melalui boneka atau binatang peliharaan di rumah.
2. sesering mungkin, libatkan si buah hati dalam aktifitas bersama baik dengan teman sebayanya. Ibu dapat mengajak teman-teman si kecil untuk bermain bersama dirumah. Ayah ibu dapat juga melibatkan si kecil pada saat ada acara keluarga besar agar dia berinteraksi dengan yang lain.
3. Ketika sudah mulai faham, berikan pujian kepada si kecil jika dia mau berbagi. Pada awalnya mungkin si kecil mau berbagi karena ingin mendapatkan pujian dari ayah ibu dan bukan berdasarkan keadilan. Perkenalkan konsep keadilan misal dengan cara bergantian mainan favorit dengan teman atau saudaranya.
4. Ajak si kecil ke tempat-tempat umum seperti supermarket atau kafe, beritau dan jelaskan kenapa kita harus antri bayar dikasir, tidak boleh mendahului antrian, atau mengucapkan terimakasih kepada kasir yang telah melayani.
5. Ajari si kecil untuk berkata tolong setiap kali minta bantuan pada ayah ibu. Berikan pujian dan pelukan jika dia elakukan dengan benar.

Itulah beberapa tips nya. Sekian
Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment